Hasrat Seks Pria Sampai Akhir Hayat

Memang benar seks merupakan bagian penting dalam kehidupan pria. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria tetap memerlukan seks sampai akhir hayatnya.

Fakta tersebut terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Zoe Hyde, seorang ilmuwan dari University of Western Australia. Penelitian tersebut diikuti oleh 2.700 responden pria dengan rentang usia antara 75 sampai 95 tahun.

Hasil dari sebuah penelitian menyatakan bahwa 30 persen pria, usia di atas 75 tahun masih aktif dalam berhubungan seks. Terdapat alasan mereka tidak melakukan hubungan seks adalah hanya karena terhalang faktor penyakit. Namun sebenarnya mereka masih memiliki hasrat yang besar dalam urusan seks.

"Usia yang tua dapat menurunkan aktivitas seksual pria. Tapi itu bukan berarti mereka kehilangan hasrat seks, karena sampai usia 95 tahun beberapa pria menganggap seks sebagai suatu kebutuhan penting," ungkap Hyde, seperti dikutip medic magic dari Reuters.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine, Hyde mengungkapkan beberapa fakta mengejutkan. Awalnya Hyde berasumsi bahwa pria yang sudah tua menjadi aseksual atau individu yang tidak butuk seks. Tapi ternyata asumsi itu salah. Setua apapun umur pria tetap menginginkan seks.

Sekitar 20 persen pria masih aktif secara seksual. Fakta lain adalah bahwa 48 persen dari semua responden masih menganggap seks itu penting, tetapi hanya 30 persen yang aktif berhubungan seks dalam setahun terakhir.

Sementara itu, 18 persen responden mengaku, keinginannya seksualnya tidak dapat terpenuhi karena berbagai faktor. Faktor yang paling dominan adalah masalah kesehatan, seperti diabetes dengan komplikasi disfungsi ereksi dan masalah prostat.

Oleh karena itu Hyde menilai, HRT� (hormone replacement therapy) dapat mengembalikan dorongan seks pada pria yang lebih tua.